Tuesday, February 5, 2013

CARA PEMBUATAN JAMU REBUSAN

Tuesday, February 5, 2013
Setelah kita membuat jamu cairan maka berikut ini adalah cara membuat jamu rebusan (dimasak). Bahan jamu (tanaman obat) harus dipilih dalam keadaan segar, ambil yang bagus-bagus saja, bagian yang menjamur dan busuk atau rusak dibuang saja. Jika bahannya terlalu panjang atau besar bisa dipotong-potong kecil. (lihat gambar dibawah ini)

Sebelum direbus bahan-bahan diramu dulu sesuai resep yang diperlukan guna perawatan atau penyembuhan penyakit. Setelah diramu menurut resep kemudian direbus dengan menggunakan keramik Cina atau periuk yang terbuat dari tanah liat, jangan gunakan panel aluminium atau besi dan kuningan.


Rebus terlebih dahulu hingga air mendidih baru kemudian bahannya dimasukkan ke wadah dan rebus lagi hingga mendidih. Setelah mendidih sekitar 10- 20 menit, air rebusan diangkat dan disaring. Ambil airnya yang masih hangat dan masukkan ke wadah lain. Sementara bahan jamu yang masih dalam wadah masih bisa direbus hingga 2 atau 3 kali lagi. Hasil saringan jamu tersebut dicampur dengan garam secukupnya dan jeruk nipis 1 sendok teh (untuk takaran setiap tiga perempat gelas) Jamu yang diperuntukkan bagi kekuatan (penambah kekuatan seksual) biasanya ditambahkan madu 1 sendok makan dan kuning telur 1 butir, ingat harus telur ayam kampung.

Itu merupakan tips / cara membuat jamu rebusan, yang semoga hasilnya bisa lebih maksimal untuk kesembuhan.

Peringatan: 

  1. Cara mencuci gunakan kran air, atau dengan mengguyurkan air dari atas. Jangan direndam ! 
  2. Tidak boleh menggunakan panci aluminium, besi atau kuningan dan tembaga, harus keramik atau gendok tanah liat yang sudah dibakar.

0 comments:

Post a Comment