Wednesday, April 17, 2013

Anak Harus Makan Sayur

Wednesday, April 17, 2013
Sayur itu pentingkah bagi anak ? Sebuah riset terbaru menunjukkan, orang tua yang kerap memarahi anak-anak mereka untuk melakukan sesuatu yang anak tidak suka seperti makan sayur, justru akan membuat anak semakin menghindari makanan tersebut.

Peneliti mengatakan, terus-menerus mendesak anak untuk menyelesaikan makanan yang mereka tidak suka adalah sesuatu yang kontra-produktif. Justru balita umumnya lebih mudah untuk makan makanan bergizi jika mereka tidak berada dalam tekanan. Riset ini dilakukan oleh peneliti AS di Pennsylvania and Appalachian state University. Mereka menyimpulkan, “Memaksa anak untuk makan tidak akan efektif dalam mempromosikan asupan.”



“Temuan ini memberikan bukti bahwa tekanan terhadap anak berkontribusi terhadap rendahnya asupan makanan dan dapat menimbulkan tanggapan negatif terhadap makanan. Justru, anak-anak lebih mungkin untuk meningkatkan asupan makanan jika mereka tidak dipaksa untuk makan,” jelasnya

Sementara itu Richard Woolfson, seorang psikolog anak mengatakan, “Saya kira jawabannya adalah lakukan dorongan secara lembut bukan dengan pemaksaan,” sarannya. Jadi ternyata dengan cara yang baiklah solusinya… kalau makan sayur ya haruslah… biar tubuh tetap terjaga keseimbangan gizi yang diperlukan.

0 comments:

Post a Comment