Thursday, June 27, 2013

ASI = Air Susu Ibu

Thursday, June 27, 2013
Asi / Air Susu Ibu sangat dibutuhkan oleh bayi untuk menjaga kekebalan / imun ... kedekatan ibu -anak dll ... karena ASI merupakan Susu paling tinggi Vitamin dan semua yang dibutuhkan manusia. So sekarang ini pemerintahan juga menggalakkan ASI minimal 6 bulan... yang baik lagi ya 2 tahun (apalagi ibunya tidak kerja). Berikut Tips Menyusui bagi Ibu muda / pertama kali menyusui :

Menyusui Pertama
Para ibu muda yang baru pertama kali menyusui bayinya merasa takut dan sakit atau geli. Untuk mengatasi hal ini, ambillah buah pepaya muda, lalu dikupas dan kukus, kemudian dimakan. Bila anda menginginkan dapat juga buah pepaya muda tadi dimasak sayur bening. Lakukanlah untuk beberapa kali saja. Mudah-mudahan dapat teratasi dan membuat payudara anda tetap cantik dan tidak luka pada putingnya. Tentu saja waktu hendak menyusui bayi anda, tempelannya di buka dan puting susu anda dicuci dulu. Setelah selesai menyusui daun sirih atau pengobatan seperti semula diulang lagi.

Masker Menderaskan Air Susu
Ibu-ibu yang baru melahirkan pasti tersiksa karena payudara bengkak dan terasa sakit. Sedangkan air susu tidak keluar. Untuk mengatasi ini ada cara mujarab menderaskan keluamya air susu dan menghilangkan rasa sakit.
Buatlah ramuan sebagai berikut:
- 15 gram daun kecubung
- 10 adas pulo sari
- 5 gram bunga abu
- 2 siung bawang merah
Tumbuk semua bahan, campurkan dengan satu sendok makan air asamjawa. torehkan kesekeliling payudara (kecuali puting). Biarkan sampai kering, ulangi setiap menjelang mandi.

Asam dan Garam Mengatur Asi
Ssetelah melahirkan, biasanya ibu-ibu repot mengatasi asi. Khususnya bagi ibu-ibu yang bekerja diluar rumah. Disaat kita tengah sibuk bekerja, asi mengalir dan meresap ke blus yang kita pakai. Agar tidak merepotkan seperti ini, cobalah resep berikut. Ambillah setengah sendok makan garam dapur dan dicampur dengan asam Jawa. Tambahkan sedikit air dan remas-remas sampai menyatu. Oleskan ke payudara dengan arah perputaran jarum jam, juga dari bawah ke atas pada kedua payudara. Lakukan dua sampai tiga kali setiap sore/malam. Insya Allah, asi Anda tak terlalu merepotkan.

Daun Semanggi Pelancar Asi
Daun semanggi (Hydrocotyle sibtorpiodes) sangat baik dimakan oleh para ibu yang sedang menyusui. Sebab, daun tersebut berkhasiat melancaikan keluarnya air susu. Daun semanggi tersebut, bila dibuat pecal, rasanya agak manis. Anda pasti menyukainya. Asi Tetap Aktif
Kadangkala ibu-ibu sehabis melahirkan ASI jarang keluar. Untuk memperlancar keluarnya ASI ambil saja dua lembar daun pepaya yang sedang. Cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Kemudian campur dengan dua gelas air dan saring. Rebus air saringan sampai mendidih, bila sudah dingin minum. Lakukanlah minum rebusan tersebut pagi dan sore hari masing-masing satu gelas selama menyusui. Niscaya ASI akan aktif kembali dan bayi Anda tidak akan rewel lagi.

Cara Memperbanyak Asi
Para ibu yang tengah menyusui, seringkali risau dengan tidak derasnya Asi yang keluar. Untuk memperbanyak ASI, cobalah resep dibawah ini. Sedia-kan temulawak sebesar satu jari. Rebus bahan tersebut dengan asam dan gula Jawa secukupnya. Setelah mendidih, dinginkan lalu saring. Minumlah ramuan ini dengan teratur sampai Anda mendapatkan ASI yang deras keluarnya.

Melancarkan Air Susu
Tidak semua ibu yang baru melahirkan mempunyai air susu yang sama lancarnya. Ada yang tidak keluar sama sekali. Ada pula yang keluar tetapi sedikit sekali sehingga tidak memenuhi kebutuhan anaknya untuk menyusuinya.
Kadang ada pula yang keluar dengan lancar kadang-kadang tersendat-sendat. Seandainya anda menderita yang seperti demikian itu, maka caranya makan saja setiap hari kulup daun pepaya, atau kulup daun kecipir, atau kulup daun ketela yang berwarna merah, bisa juga dilalap jika anda tokal. Lakukanlah Insya Allah dengan ketekunan anda makan kulup-kulupan ini air susu anda akan lancar.

0 comments:

Post a Comment