Wednesday, July 3, 2013

Mencegah/ Menyembuhkan Pembengkakan (Mengeras) Payudara

Wednesday, July 3, 2013
Setelah beberapa hari yang lalu admin membahas Tips membesarkan buah dada / payudara, nah sekarang gimana kalau besarnya payudara bukan karena diharapkan melainkan pembengkakan..?!   Ibu-ibu yang menyusui kadang mengalami pembengkakan pada payudara. Penyakit ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang menyusui atau wanita yang sedang hamil, tanda-tandanya: Buah dadanya bengkak dan terasa sakit sekali apabila diraba, dan ada bagian-bagian yang keras hingga menyebabkan demam.

Untuk mencegahnya, berikut ramuannya :

Ramuan 1
ambil sebuah kentang berukuran sedang, lalu lalu cuci dan parut/kukur dengan alat parutan kelapa. Tempelkan parutan kentang tersebut di sekeliling payudara kecuali daerah putingnya. Lapisi dengan kain yang usang sebelum memakai BH, agar BH tidak kotor. Gantilah parutan kentang setiap habis mandi. Lakukan sampai enam hari, tepatnya sampai ASI habis.

Ramuan 2
umbi gembili secukupnya dicuci sampai bersih benar, diparut lalu ditepalkan pada seluruh buah dada kecuali puting. Gantilah tapal tersebut dua kali sehari. Untuk mencegah timbulnya penyakit ini tiap kali habis menyusui, puting susu dan sekitarnya diseka dengan air matang.

Ramuan 3
carilah sarangnya koah tutuh (semacam lebah berwarna biru, kecil dan panjang, bersarang dari tanah liat di sudut-sudut rumah) dicampur dengan air dan asam yang sudah lama (asam kawak) oleskan ramuan itu pada bagian yang sakit sampai merata berulang-ulang kali.

Ramuan 4

Daun kol selain dipakai untuk sayur dan ulam, bisa juga untuk mengompres payudara bagi yang terpaksa meninggalkan bayinya karena terikat jam kerja.
Caranya: ambil dua lembar daun kol lembut, kemudian gunting menyerupai payudara, setelah itu baru memakai BH. Selain payudara tidak membengkak, asi pun dapat ditahan keluarnya.

Ramuan 5
sarang lebah yang hijau, biasanya sarangnya terbuat dari tanah Liat, dipojok-pojok atap rumah. Lalu campur dengan asam kawak dan air minum (air putih). Lalu aduk sehingga merupakan pasta. Kemudian oleskan pada bagian buah dada yang sakit dan mengeras tadi. Biarkan kering setelah itu dapat anda ulang dengan jarak yang kira-kira cukup lama.

Bila Buah Dada Meradang atau Bengkak

4 atau 5 butir buah pala dipecah diambil isinya dan direbus. Setelah cukup lunak ditumbuk hingga halus, dan dibungkus dengan kain perca yang bersih. Kemudian dicelupkan bungkusan ramuan buah pala tadi ke dalam air panas bekas rebusan dan usapkan pada sekitar buah dada radang dan membengkak Lakukanlah berulang-ulang hingga buah dada normal kembali.

Mengempiskan Payudara
Bagi ibu-ibu yang sedang menyusukan bayi, payudaranya akan membengkak dan terasa sakit. Untuk menghindari pembengkakan tersebut kompreslah dengan segenggam daun cabe yang ditumbuk halus dan diberi sedikit kapur sirih. Lakukan berulang sampai 2 hari, bengkak dan rasa sakit akan segera menghilang.

Obat Radang Buah dada
Penyakit ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang menyusul atau wanita yang sedang hamil. Tanda-tandanya adalah: Buah dadanya bengkak dan terasa sakit sekali apabila diraba. Malahan ada bagian-bagian yang keras hingga menyebabkan demam. Hal tersebut bisa diobati dengan umbi gembili secukupnya dicuci hingga bersih, diparut lalu ditapalkan pada seluruh buah dada kecuali putingnya. Gantilah tapal tersebut dua kali sehari. Untuk mencegah penyakit ini, tiap kali habis menyusui puting susu dan sekitarnya diseka dengan air matang yang suam-suam kuku.

Daun Sirih Pengobat Lecet
Bagi ibu yang sedang menyusui bayinya, sering mengalami lecet pada puling susu. BilA bayi menyusu, sering terasa perih atau nyeri. Hal itu dapat diobati sebagai berikut. Ambillah daun sirih, lap yang bersih, diang atau sengai agar layu, setelah lemas olesi minyak kelapa. Kemudian panaskan lagi, disaat sedang suam-suam kuku tempelkan pada bagian yang luka atau lecet.

0 comments:

Post a Comment