Wednesday, June 12, 2019

LEBARAN JANGAN SAMPAI SAKIT

Wednesday, June 12, 2019
Saat lebaran seringkali kita gencar bersilahturahmi ke kediaman sanak famili yang tak lepas dari acara makan-makan. Kenaikan berat badan pun tak terhindarkan. Namun, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar berat badan kita tetap stabil di hari lebaran. Tak hanya menjaga pola makan, kita perlu juga mengatur pola olahraga sederhana untuk menjaga tubuh tetap aktif.



Pola makan anti sakit Ketika berkunjung ke rumah kerabat di hari lebaran, seringkali kita ditawarkan makanan kecil dan cemilan. Menolak tawaran makan seringkali bukan pilihan yang baik. Oleh karena itu, menjaga porsi makan bisa menjadi solusinya. jadi makan jangan sampai terlalu kenyang , bahkan sampai tidak bisa bergerak. demikian kata HR Director sekaligus instruktur Paradigm Fitness Indonesia, Jehan Islianur di Jakarta beberapa waktu lalu. Jehan juga menyarankan agar kita membatasi jam makan. Misalnya, makan hanya hingga Pukul 18.00. Ini dilakukan untuk membatasi asupan makanan agar tidak terlalu berlebihan. Jangan sampai sudah lose weight di bulan puasa tapi naiknya kembali lebih banyak katanya. Jika merasa lapar di atas pukul 18.00, pilih saja makanan ringan dan sehat, misalnya salad atau buah-buahan.

Jika memungkinkan, atur pula batas awal makan, misalnya Pukul 11.00. Di sela jadwal tersebut, kita tetap bisa mengkonsumsi air putih dan minuman tak berkalori. Teh, kopi tanpa gula boleh. Pola olahraga sederhana Di samping mengatur pola makan, baik pula untuk mengatur pola olahraga. Misalnya, lakukan jogging singkat saat perut masih dalam keadaan kosong. Kedua, lakukan olahraga ringan seperti peregangan, latihan bodyweight seperti push up, squat, lunge, dan olahraga ringan lainnya sebanyak 15 repetisi dan 3 set. Jika masih terasa berat, kamu bisa mengatur jadwalnya. Misalnya, melakukan dua jenis olahraga tersebut secara berselang-seling.

0 comments:

Post a Comment